Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi Indonesia (JABEI)
Vol. 1 No. 1 (2022): JABEI

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Aset Biologis Berdasarkan PSAK 69 (Studi Empiris pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2020)

Nur’aini (Politeknik Negeri Padang)
Fera Sriyunianti (Politeknik Negeri Padang)
Wiwik Andriani (Politeknik Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan aset biologis sesuai dengan PSAK 69. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Faktor-faktor (variabel independen) yang diuji pada penelitian ini adalah intensitas aset biologis, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas dan tingkat internasionalisasi. Analisis dilakukan untuk periode sebelum PSAK 69 efektif berlaku (tahun 2015-2017) dan setelah PSAK 69 efektif berlaku (tahun 2018-2020). Pada masa PSAK 69 belum efektif berlaku, faktor tingkat internasionalisasi terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis. Namun faktor lainnya tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, yaitu intensitas aset biologis, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas. Sedangkan pada masa PSAK 69 telah berlaku secara efektif, faktor intensitas aset biologis dan tingkat internasionalisasi terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis. Namun dua faktor lainnya tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, yaitu pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jabei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JABEI diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang sebagai sarana publikasi hasil penelitian bidang Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ilmiah ini diterbitkan dua kali setiap tahunnya yaitu bulan Februari dan ...