Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
Vol 2, No 1 (2019): Desember 2019

Communication Apprehension pada Mahasiswa Fakultas Hukum dalam Menghadapi Peradilan Semu

Listya Widayanti (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162 - Indonesia)
Vinisa Nurul Aisyah (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya communication apprehension di kalangan mahasiswa Fakultas Hukum pada peradilan semu di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teori yang digunakan adalah Comunication Apprehension. Metodenya adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2016 yang mengambil Mata Kuliah Penanganan Perkara Konstitusi. Mahasiswa dipilih menggunakan teknik snowball.. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menujukkan, jenis communication apprehension yang muncul adalah trait apprehension, context, audience, situational. Communication apprehension terjadi karena dua factor, yaitu faktor internal yang mencakup kurangnya kepercayaan diri mahasiswa, dan faktor eksternal yang meliputi mahasiswa merasa sedang dievaluasi, tekanan dan waktu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Humaniora

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan ...