Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 2 No 2 (2022): Edisi Mei 2022

Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Sistem Daring Dan Luring Jurusan Akuntansi

Desi Mulya Sari (Universitas Halu Oleo)
Ramly (Universitas Halu Oleo)
Jafar Ahiri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan sistem daring dan luring pada kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 2 Bombana. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Bombana dengan objek penelitian yaitu siswa kelas XI Jurusan Akuntansi pada proses pembelajaran luar jaringan tahun ajaran 2018/2019 dan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data digunakan metode analisis dokumen dengan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diajar dengan sistem daring dan luring. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independen t Sampel T Test dengan nilai thitung = 4,242 > ttabel = 2,011. Berdasarkan hasil uji tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signnifikan antara hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan sistem daring dan sistem luring. Sedangkan hasil uji effect size dengan rumus Cohen’s menunjukkan bahwa penggunaan sistem daring pada proses pembelajaran memberikan pengaruh besar terhadap penurunan hasil belajar akuntansi siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...