Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Mawasangka dengan penerapan metode pembelajaran timbal balik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Mawasangka Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes,. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa: (1) pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 26,08% menjadi 56,52%. (2) Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 69,56% menjadi 82,60%. Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas mencapai KKM ≥ 75. Dengan Peningkatan rata-rata nilai yang terjadi pada pre test siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 70,86% pada post test siklus I. Rata-rata nilai pada pre test siklus II sebesar 73,69% meningkat menjadi 78,69% pada post test siklus II mengalami peningkatan siklus ke-I ke siklus ke-II. Sedangkan KKM SMA Negeri 1 Mawasangka yang telah ditetapkan oleh sekolah adalah 75.
Copyrights © 2021