Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 1 No 3 (2021): Edisi September 2021

Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisio (STAD) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi

Wd Yapril Hizrah Sri Astuti (Universitas Halu Oleo)
Ramly (Universitas Halu Oleo)
Jafar Ahiri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Kendari sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, tes dan wawancara. Selanjutnya diolah menggunakan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil, dimana menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 77.72% sedangkankan pada siklus II sebesar 83.79% sehingga mengalami peningkatan 6.07%, maka hasil belajar dinyatakan meningkat dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelaajar kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Ular Tangga Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kendari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...