Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 2 No 2 (2022): Edisi Mei 2022

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kas Kecil Kelas XI Akuntansi

Siti Hesti Parina (Universitas Halu Oleo)
Ramly (Universitas Halu Oleo)
Nanik Hindaryatiningsih (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kas kecil kelas XI Akuntansi SMK Negeri 02 Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 02 Bombana yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil dari penerapan model pembelajaran problem based learning yaitu sebelum penelitian tindakan kelas hanya 30% siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 62, Sesudah melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I hanya 65% dengan nilai rata-rata 74,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan nilai rata-rata 80,25. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kas kecil

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...