Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 2 No 2 (2022): Edisi Mei 2022

Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kendari

Fira Elsafayanti (Universitas Halu Oleo)
Jafar Ahiri (Universitas Halu Oleo)
Asriyani Mulia Basri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran problem based learning (PBL), menganalisis bagaimana hasil belajar serta perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kendari tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Iquasi Eksperimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kendari tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 180 orang siswa yang tersebar dalam 5 kelas X. Sampel penelitian adalah kelas X akuntansi 1 sebagai kelas Eksperimen 1 dan kelas X Akuntansi 2 sebagai Kelas Eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar adalah Tes Essay. Analisis statistik data dilakukan dengan menggunakan Uji T. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada hasil belajar kelas eksperimen I meningkat yaitu dengan nilai rata-rata 85,11 dan kelas eksperimen II meningkat dengan nilai rata-rata 81,75. Analisis Statistik hasil belajar siswa menunujukan bahwa nilai thitung= 70.001 > ttabel= 1.994, dan signifikan 0,05 = Sig.(2 tailed) = 0,00 < 0,05. Hasil analisis statistik tersebut berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model pembelajaran Problem Based Learning kelas X pada pokok bahasan neraca lajur di SMK Negeri 1 Kendari tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...