Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 4 (2022): JAMSI - Juli 2022

Peningkatan Literasi Keuangan dan Pemasaran Digital bagi UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya

Mia Ika Rahmawati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia)
Lilis Ardini (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia)
Marsudi Lestariningsih (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia)
Wiwiek Srikandi Shabrie (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Pandemi global COVID-19 yang mewabah di semua negara dunia telah banyak mempengaruhi semua sektor kehidupan masyarakat. Pandemi COVID-19 telah membuat terjadinya pelambatan sektor ekonomi di Indonesia dengan berbagai turunannya. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan bagian terpenting dari sektor ekonomi sangat merasakan dampaknya. Banyak UMKM yang mengalami berbagai permasalahan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan terjadinya banyak pemutusan hubungan kerja untuk pekerja dan buruh yang kemudian menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Sehingga tujuan pendampingan dari tim Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya kepada pelaku UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya dengan (1). memberikan pelatihan perhitungan harga pokok produksi (HPP) dan penentuan harga jual yang tepat agar pelaku UMKM mampu mengidenfikasi penghematan biaya produksi. (2) pelatihan tentang pemasaran digital agar penjualan UMKM dapat meningkat di masa pandemi COVID-19. Metode pelatihan dilakukan dengan metode penyuluhan dan pelatihan berupa ceramah/penyuluhan/sosialisasi tentang cara menghitung harga pokok produksi (HPP) dan melakukan pemasaran secara digital. Dengan pelatihan ini, pelaku UMKM dapat menghitung dengan tepat harga pokok produksi (HPP) mereka dengan menghitung biaya Tenaga Kerja Langsung (TKL) dan juga menghitung harga jual produk dengan tepat pula. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemahaman atas pemasaran secara digital yang akan menjangkau calon konsumen yang lebih luas lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...