Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 5 (2022): JAMSI - September 2022

Pelatihan Shibori bagi Siswa SMAN 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Dini Yanuarmi (Program Studi Desain Mode, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia)
Nofi Rahmanita (Program Studi Desain Mode, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia)
Mega Kencana (Program Studi Desain Mode, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia)
Desra Imelda (Program Studi Desain Mode, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia)
Taufik Akbar (Program Studi Kriya Seni, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2022

Abstract

Salah satu seni kriya sederhana yang memiliki nilai estetika tinggi adalah shibori. Walaupun begitu shibori belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama para pelajar, padahal jika ditekuni teknik ini dapat menjadi salah satu keterampilan yang menjanjikan dari segi seni, budaya bahan ekonomi. Kegiatan pelatihan Shibori bagi SMA N 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat bertujuan untuk memperkenalkan, dan memberikan keterampilan seni kerajinan shibori bagi pelajar tingkat SMA. Hal ini sejalan dengan kurikulum pendidikan melalui mata pelajaran Seni Budaya yang substansinya adalah proses pembentukan manusia (peserta didik) melalui seni. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan ceramah, demosntrasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta memiliki keterampilan membuat itajime shibori dengan karya berupa syal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini secara umum berjalan sesuai harapan yang dibuktikan dengan ragam motif syal warna shibori yang dihasilkan peserta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...