Techno
Vol 17, No 1 (2016): Techno Volume 17 No 1 April 2016

PERBANDINGAN METODE TUNING PIDPADA PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC BERBASIS PROGRAMABLE LOGIC CONTROLER

Itmi Hidayat Kurniawan (Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl.Raya Dukuh Waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp
(0281) 636751 ext 130. Fax. (0281) 637239)

Latiful Hayat (Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl.Raya Dukuh Waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp
(0281) 636751 ext 130. Fax. (0281) 637239)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2017

Abstract

Dalam pengendalian proses di industri, algoritma kendali Proporsional Integral Differensial (PID) telah menjadi metode yang paling populer digunakan dalam pengendalian proses khususnya dalam sistem kendali dengan umpan balik. Parameter performansi yang diperhatikan dalam perancangan sistem kendali antara lain nilai maximum overshoot, error steady state, rise , settling time dan nilai Integral Absolute Error (IAE). Hal krusial yang berkaitan dengan penggunakan pengendali PID yaitu tuning atau pemberian parameter konstanta Proporsional (Kp), Integral (Ti) dan Derifatif (Kd) untuk mendapatkan respon sistem yang diinginkan. Penelitian ini merupakan studi awal tentang pemahaman watak dan unjuk kerja sistem kendali kecepatan motor DC dengan metode tuning yang sederhana algoritmanya. Dilakukan analisis perbandingan performansi metode tuning yang terdiri dari metode Ziegler-Nichols dan metode Trial-error dalam penentuan konstanta PID. Sistem ini akan digunakan dalam pengendalian kecepatan putaran motor DC yang banyak digunakan pada proses industri sampai dengan tahap penerapannya menggunakan Programmable Logic Controller. Berdasarkan hasil percobaan dengan Setpoint kecepatan motor DC sebesar 1400 RPM, unjuk kerja sistem kendali PID menggunakan tuning Trial-error dengan nilai Kp=100, Ti=1 dan Td=2. Diperoleh nilai rise-time sebesar 1 detik, nilai IAE sebesar 99 dengan karakteristik sistem yang stabil. Sedangkan menggunakan tuning Ziegler Nichols 2 dengan nilai Kp=210, Ti=2 dan Td=1, diperoleh nilai rise time sebesar 0,5 detik, nilai Integral Absolute Error (IAE) sebesar 599 tetapi memiliki nilai overshoot cukup besar. Respon sistem memperlihatkan karakteristik yang stabil. Hasil perbandingan unjuk kerja sistem kendali untuk plant kecepatan motor DC menunjukkan bahwa performansi sistem kendali menggunakan metode tuning trial-error memiliki nilai rise time lebih cepat, nilai overshoot yang cukup kecil dan karakteristik sistem yang stabil dibandingkan menggunakan metode Ziegler-Nichols. Kata kunci : kontroler PID, tuning ziegler nichols, programble logic controler

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Techno

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) adalah jurnal ilmu teknik yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu April dan Oktober. Tujuan penerbitan jurnal techno adalah mempublikasikan hasil penelitian, ide dan karya terbaru ilmu teknik. Scope ruang lingkup jurnal techno ...