Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan)
Vol. 2 No. 1 (2014)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KALIUM (KNO3) TERHADAP INFEKSI Tobacco Mosaik Virus (TMV) PADA BEBERAPA VARIETAS TEMBAKAU VIRGINIA (Nicotiana tabacum L.)

Anna Sartika Hutapea (Unknown)
Tutung Hadiastono (Unknown)
Mintarto Martosudiro (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk K (KNO3) terhadap serangan TMV, pertumbuhan dan produksi pada tiga varietas tembakau. Penelitian dilaksanakan di rumah kaca dan Laboratorium Penyakit Tumbuhan Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya pada bulan Februari hingga Agustus 2013. Metode penelitian pada percobaan ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial dengan 2 faktor dan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah 3 varietas tembakau Virginia (PVH 09, NC 297, dan Coker 176) dan faktor kedua adalah pemberian 4 taraf dosis pupuk KNO3 sehingga diperoleh 12 kombinasi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai dosis K (KNO3) pada tiga varietas tembakau Virginia tidak mempengaruhi intensitas serangan  TMV. Perbedaan varietas berpengaruh terhadap parameter jumlah daun sedangkan pemberian berbagai dosis K (KNO3) mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman tembakau pada parameter bobot kering daun. Terdapat interaksi beberapa varietas dengan dosis pupuk K (KNO3) pada parameter bobot kering daun. Pemberian dosis 100 kg/ha K (KNO3) pada varietas NC 297 dapat meningkatkan bobot kering daun sebesar 52,33 g.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jhpt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan (Jurnal HPT) memuat naskah artikel yang berkaitan dengan hama dan penyakit tumbuhan, termasuk karakterisasi, deteksi, identifikasi, fisiologi, biokimia, ekologi, epidemiologi, biologi molekuler hama dan patogen tumbuhan, serta pengendaliannya secara kimia dan ...