Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 8 No. 2 (2021): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

ANALISIS DAYA TANGKAP ANAK TERHADAP NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI DORAEMON NOBITA DAN LEGENDA RAJA MATAHARI

Dwi Retnani Cahyaningtyas (Universitas PGRI Semarang)
Singgih Adhi Prasetyo (Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar Saputra (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tontonan film yang kurang mendidik pada anak usia sekolah dasar yang menyebabkan turunnya moral anak sehingga perlu adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter diperlukan untuk membekali mereka dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat agar menjadi manusia yang berakhlak. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah dasar melalui film, namun tetap dalam pengawasan orang tua dan guru dalam menonton tayangan televisi. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji Nilai Karakter dari delapan belas nilai karakter menurut Kemendiknas 2010 seperti  Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab, yang terdapat dalam film animasi Doraemon Nobita dan Legenda Raja Matahari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Digunakannya metode kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang diperoleh dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta metode simak catat. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi diskusi teman sejawat. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh jika film animasi Doraemon memiliki nilai karakter peduli sosial, kreatif, bersahabat, jujur, toleransi, tanggung jawab, mandiri, cinta damai, kerja keras, menghargai prestasi, disiplin, religious, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, gemar membaca. Ke lima belas nilai karakter tersebut muncul dalam setiap adegan dengan acuan delapan belas nilai karakter menurut Kemendiknas 2010.Film ini dapat dijadikan sebagai wahana pendidikan karakter siswa SD dalam proses pembelajaran disekolah-sekolah. Pengajaran nilai-nilai karakter melalui film dapat dilakukan dengan cara menampilkan film animasi Doraemon Nobita dan Legenda Raja Matahari pada salah satu pelajaran yang sesuai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...