Journal of Management Analytical and Solution
Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Management Analytical and Solution

Pengaruh Budaya Korean Wave dan Perilaku Fan Entrepreneurship Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU)

W Fildzah Masturah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Arif Qaedi Hutagalung (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Marhaini (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Inneke Qamariah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan secara serempak maupun parsial pada budaya Korean Wave dan perilaku Fan Entrepreneurship terhadap minat berwirausaha mahasiswa Strata-1 (S1) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Subjek penelitian ini mahasiswa Strata-1 (S1) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara stambuk 2016 sampai 2019. Sampel yang digunakan adalah seluruh subjek yang ada sebanyak 90 mahasiswa. Variabel dependen dalam peneltian ini ialah minat berwirausaha (Y) sedangkan variabel independennya meliputi budaya Korean Wave (X1) dan perilaku Fan Entrepreneurship (X2). Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya Korean Wave dan perilaku Fan Entrepreneurship berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Budaya Korean Wave dan Perilaku Fan Entrepreneurship berpengaruh sebesar 29,4 persen secara serempak. The purpose of this study was to determine whether there is a positive and significant influence simultaneously or partially on Korean Wave culture and Fan Entrepreneurship behaviour on entrepreneurial interest in undergraduate (S1) students of Management, Faculty of Economics and Business, University of North Sumatra. The subjects of this study were undergraduate students (S1) in Management, Faculty of Economics and Business, the University of North Sumatra from 2016 to 2019. The sample used was all 90 students. The dependent variable in this research is entrepreneurial interest (Y), while the independent variable includes Korean Wave culture (X1) and Fan Entrepreneurship behaviour (X2). The data collection method used a questionnaire. The data analysis technique used descriptive statistical analysis, multiple regression analysis, F test, t-test, and the coefficient of determination (R2). The results showed that Korean Wave culture and Fan Entrepreneurship behaviour had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship. Korean Wave Culture and Entrepreneurship Fan Behavior have an effect of 29.4 percent simultaneously.

Copyrights © 2021