Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran pengemudi ojek online perempuan dalam membantu perekonomian keluarga di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Rappocini kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah informan yaitu 20 orang terdiri dari (1) Pengemudi ojek online Grab perempuan sebanyak 15 orang, (2) Pihak perusahaan (ketua komunitas Grab Makassar) sebanyak 2 orang, dan (3) Masyarakat pengguna jasa sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik Analisis data yaitu (1) reduksi data (data reduction); (2) penyajian data (data display); dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga di masa pandemi, para pengemudi melakukan berbagai peran denganĀ mengambil beberapa layanan yaitu (1) layanan GrabBike yang merupakan layanan kendaraan roda dua pengantaran penumpang ke tempat tujuan, (2) layanan GrabFood yang merupakan layanan pengantaran makanan yang diambil dari restoran, (3) layanan GrabExpress yaitu layanan pengantaran barang atau paket, (4) layanan GrabMart merupakan layanan pengantaran barang belanjaan yang diambil oleh driver di toko, (5) layanan GrabExpress Nalangin merupakan layanan cash on delivery (COD) dimana driver membayarkan barang terlebih dahulu di penjual kemudian mengantarkan barang tersebut ke pembeli dan kemudian mengantarkan barang tersebut ke pembeli.
Copyrights © 2021