Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 1 No 1 (2022): Maret

IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN INQUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS IX DI SMPN1 KETAMBAH ACEH TENGGARA

Wahyu Iskandar (Unknown)
Dika Darmina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Seri Rezeki (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Lisa Zahariah Sinaga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMPN 1 Ketambe Aceh Tenggara. Fokus penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana respons siswa dalam kegiatan pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membuka dan menutup pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respons siswa kelas IX SMPN 1 Ketambe Aceh Tenggara saat mengikuti pembelajaran telah memenuhi standar keaktifan, di mana saat guru memasuki kelas dan membuka pembelajaran disambut dengan ucapan salam dan senyuman dari siswa. Pada saat kegiatan pembelajaran, siswa aktif mendengarkan dan berdiskusi, serta tanya jawab materi ajar yang telah disampaikan oleh guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...