Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 1 No 1 (2022): Maret

STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA GURU YANG PROFESIONAL

Mikyal Hardiyati (Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto)
Fadhillah Isnaini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Winda Apriani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Melina Hasanahti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Putri Harapan Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Tujuan pendidikan Indonesia sebagai wujud cita luhur pendirian bangsa, diamanatkan oleh Undang-Undang untuk dioptimalkan proses dan hasilnya pada lembaga pendidikan, baik itu sekolah, madrasah, dayah (pondok pesantren), atau jenis lembaga pendidikan lainnya. Dalam konteks untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan peran optimal dari guru profesional. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi meningkatkan kinerja guru yang profesional. Adapun jenis pendekatan dalam penelitian ini ialah kualitatif, sebagai paradigma pendekatan penelitian yang bersifat argumentatif dan deskriptif terhadap berbagai temuan. Data penelitian diperoleh melalui berbagai literatur ilmiah, yang diperoleh dari laman kredibel meliputi Google Scholar, DOAJ, dan SINTA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi meningkatkan kinerja guru profesional ialah dengan membina, mengawasi, memotivasi, dan mengevaluasi kinerja guru secara berkala dan kontiniu dengan bantuan dan peran dari kepala sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...