Tujuan pendidikan Indonesia sebagai wujud cita luhur pendirian bangsa, diamanatkan oleh Undang-Undang untuk dioptimalkan proses dan hasilnya pada lembaga pendidikan, baik itu sekolah, madrasah, dayah (pondok pesantren), atau jenis lembaga pendidikan lainnya. Dalam konteks untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan peran optimal dari guru profesional. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi meningkatkan kinerja guru yang profesional. Adapun jenis pendekatan dalam penelitian ini ialah kualitatif, sebagai paradigma pendekatan penelitian yang bersifat argumentatif dan deskriptif terhadap berbagai temuan. Data penelitian diperoleh melalui berbagai literatur ilmiah, yang diperoleh dari laman kredibel meliputi Google Scholar, DOAJ, dan SINTA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi meningkatkan kinerja guru profesional ialah dengan membina, mengawasi, memotivasi, dan mengevaluasi kinerja guru secara berkala dan kontiniu dengan bantuan dan peran dari kepala sekolah.
Copyrights © 2022