Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 1 No 2 (2022): Juli

Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah

Dara Davani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan gadget pada siswa dalam pembelajaran di sekolah. Fokus penelitian ini pada kajian kepribadian sebagai hasil dari faktor lingkungan, perilaku, dan proses psikologi yang ditinjau dari dampak penggunaan gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisa data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, data akan dinyatakan absah setelah melalui uji triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak penggunaan gadget pada siswa dalam proses pembelajaran di sekolah terbagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan negatif. Adapun dampak positif meliputi penambahan wawasan tentang perkembangan teknologi, kemudahan komunikasi jarak jauh, proses pembelajaran daring, dan kemudahan interaksi pembelajaran dalam waktu yang cepat. Sedangkan dampak negatif meliputi gangguan konsentrasi belajar siswa yang terlalu fokus pada gadget, penyalahgunaan gadget dalam proses ujian atau ulangan, penyalahgunaan gadget dengan membuka konten-konten negatif, pengeluaran biaya berlebihan karena ingin update pada gadget keluaran terbaru, dan bermain game online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...