Gorontalo Agriculture Technology Journal
Volume 4 Nomor 1 April 2021

Analisis Efisiensi Dan Margin Pemasaran Kedelai (Glycine max) Di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato

Fatmawati Fatmawati (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Ilmu Perikanan, Universitas Pohuwato)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Pemasaran yang efisien merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai dalam sistem pemasaran, dimana sistem pemasaran memberikan kepuasan kepada setip pihak-pihak yang terlibat produsen, konsumen, dan lembaga-lembaga pemasaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Saluran pemasaran kedelai; 2). Margin pemasaran kedelai. 3). Efisiensi pemasaran kedelai. Pengambil sampel dilakukan dengan menggunakan disproportionate stratified random sampling. Alat analisis dalam penelitian ini adalah efisiensi, Farmer’s Share, dan margin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Saluran pemasaran kedelai terdiri dari dua saluran, yang pertama yaitu petani langsung ke konsumen. Saluran pemasaran yang kedua yaitu petani ke pedagang pengumpul kemudian ke pedagang pengecer; 2). Pada saluran pemasaran pertama tidak terdapat margin pamasaran dan margin pemasaran pada saluran pemasaran yang kedua yaitu Rp. 1.413,-; 3) Saluran pemasaran pertama dan saluran pemasaran kedua tergolong efisien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gatj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Gorontalo Agriculture Technology Journal (GATJ) adalah media aplikasi bagi akademisi, peneliti dan praktisi untuk menerbitkan hasil-hasil penelitian dan artikel penelitian yang berhubungan dengan teknologi ...