JAPI: Jurnal Akses Pengabdian Indonesia
Vol 7, No 1 (2022)

Penerapan Magical Book Geometry Voice Interaction Sebagai Sarana Belajar Matematika Bagi Penyandang Tuna Netra Masa Pandemi Di Smplb-A Ypab, Surabaya

Sandha Soemantri (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Junaidi Fery Efendi (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Rizka Firdhayanti (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Eriawan Ady Wicandra (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Dimas Sholahudin (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Alfina Damayanti (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat karena pandemi Covid-19 yang membuat difabel sebagai salah satu kelompok masyarakat yang terdampak serius. Kendala paling besar bagi difabel dalam pandemi Covid-19 adalah terbatasnya akses mobilitas. Seharusnya dalam situasi pandemi saat ini, siswa penyandang tunanetra memiliki media pembelajaran sendiri dirumah yang sifatnya konkrit dan memiliki nilai praktis dalam penggunanya. Oleh karena itu media pembelajaran tetap berorientasi pada pembelajaran berbasis aplikatif dan interaktif guna menjaga stabilitas belajar siswa. Magical Book Geometry Voice Interactionmerupakan media konkrit berbasis audio visual yang dikombinasikan textbraille bagi siswa SMPkhususnya materi bangun ruang. Dari implementasi media, kemampuan kognitif siswa tunanetra kelas IX di SMPLB-A YPAB Surabaya meningkat, guru dan siswa juga semakin termotivasi untuk belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Health Professions Nursing Public Health Other

Description

JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia) mrupakan jurnal pengabdian masyarakat berkala 6 bulanan yang memuat berbagai artikel/naskah berupa hasil pengabdian masyarakat Scope jurnal terdiri dari berbagai hasil penelitian yang sudah diterapkan pada ...