Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah

PENERAPAN KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DI SMAN 3 PADANG PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X

Cisya Sehan Kenanga (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Liza Husnita (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Juliandry Kurniawan Junaidy (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan kurikulum sekolah penggerak dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Padang. Setelah itu mendeskripsikan evaluasi pembelajaran sejarah kelas X dengan penerapan kurikulum sekolah penggerak di SMAN 3 Padang. Dilatar belakangi oleh adanya perbaikan kurikulum dan model pembelajaran pada semua mata pelajaran sekolah, termasuk salah satunya mata pelajaran sejarah. Peralihan pelaksanaan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum sekolah penggerak menyebabkan adanya beberapa perubahan dalam sistem pembelajaran di sekolah, khususnya di SMAN 3 Padang yang dipilih sebagai salah satu sekolah pelopor untuk kurikulum sekolah penggerak di Kota Padang. Perubahan tersebut diantaranya seperti dihapusnya RPP dan diganti kedalam bentuk modul sekolah penggerak, dihapusnya sistem sejarah peminatan dan sejarah wajib untuk meringkas jam pelajaran, belum ditetapkannya acuan standar penilaian khusus seperti pada kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sistem belajar mengajar sekolah penggerak mengacu pada profil pelajar Pancasila dan sistem fase.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, merupakan media publikasi hasil penelitian guru, dosen dan peneliti bidang Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Puteri Hijau terbit per 6 (enam) bulan, Januari dan ...