JURNAL ECONOMINA
Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL ECONOMINA, Oktober 2022

PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, LEVERAGE, SALES GROWTH, MANAJEMEN LABA, DAN INTENSITAS ASET TETAP TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBEI SELAMA TAHUN 2018-2021)

Aditya Candra Nugroho (Universitas Muria Kudus)
Mulyanto Mulyanto (Universitas Muria Kudus)
Zaenal Afifi (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial distress, leverage, sales growth, manajemen laba, dan intensitas aset tetap terhadap penghindaran pajak. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 61 perusahaan dengan jumlah data penelitian sebanyak 189. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis regresi linier Berganda dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan jika financial distress, intensitas aset tetap berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Leverage, sales growth dan manajemen laba berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...