JURNAL ECONOMINA
Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL ECONOMINA, Oktober 2022

PENGARUH GENDER DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PAKEL, TULUNGAGUNG

Nabella Rizkita Agustrin (Universitas Bhinneka PGRI)
Sulastri Rini Rindrayani (Universitas Bhinneka PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk dapat membantu perkembangan kemampuan dan potensi yang dimiliki siswa agar memiliki tingkat kecerdasan baik secara intelektual, emosional, maupun spiritualnya, dan tentunya dapat memberikan impek yang positif dan bermanfaat bagi dirinya dan kehidupannya baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan Negara. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan tes. Jumlah populasi dalam penelitian ini 137 siswa, sampel yang di gunakan simple random sampling menggunakan lot. Dari hasi analisis data terbukti bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa perempuan lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai test rata-rata siswa perempuan ialah 84,15 sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki ialah 83,57. Selain itu nilai sig. nilai dari variabel model pemb. Berbasis proyek sejumlah 0,031 dimana dalam penelitian ini ketentuan yang digunakan merupakan hasil hitung pada kolom Sig. Jika nilai signifikan <0.05,H0 ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...