MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022

PKM Parafrase Puisi Sebagai Media Literasi Bagi Guru-guru SD

Rukayah Rukayah (State University of Makassar)
Sitti Jauhar (Universitas Negeri Makassar)
Rahmawati Patta (Unversitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

PKM Parafrase puisi bertujuan: (1) Meningkatkan kemampuan para guru SDN 13 Biru memparafrasekan puisi sebagai media literasi bagi siswa, (2) Membimbing para guru SDN 13 Biru dalam mendesain pembelajaran literasi sesuai kondisi psikologis siswa.    Upaya yang ditempuh Tim PKM  untuk mencapai tujuan tersebut adalah: (1) Membimbing/melatih  para peserta memparafrasekan puisi dengan memperhatikan ketepatan diksi, penggunaan ejaan/tanda baca, karakter (perwatakan) para tokoh pesan dan suasana cerita, (2) memberikan contoh  mendesain pembelajaran literasi berdasarkan kondisi psikologis siswa agar media literasi merupakan sarana yang dibutuhkan siswa. Hasil  yang dicapai adalah: (1) Para peserta, telah  mengetahui bahwa menulis puisi dilakukan dengan mengaplikasikan teknik akrostik, jauh lebih mudah, (2) Peserta sudah mampu memfararasekan puisi karena dilakukan seolah-olah bermain dengan sarana  media kata-kata serta mampu memberikan ilustrasi gambar berdasarkan situasi cerita  (3) Kegiatan ini melahirkan produk kumpulan cerita (Antologi) yang dapat digunakan sebagai media literasai yang diminati muri-murid di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matappa

Publisher

Subject

Education

Description

MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa memiliki e-ISSN: 2614-6673 dan p-ISSN: 2615-5273. menerbitkan artikel pengabdian pada masyarakat dengan bidang pendidikan, pengembangan sumber daya ...