Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 7, No 1 (2022)

ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) KELAS

Nasrullah Nasrullah (Universitas Islam Zainul Hasan)
Ainol Ainol (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Eko Waluyo (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VII SMP Nizhamul Islam Maron tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh dengan tes tertulis dan wawancara. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan numerasi siswa dominan berada pada level rendah dengan persentase sebesar 75%. Kemudian terdapat 16,7% siswa dengan kemampuan numerasi sedang dan sisanya yakni 8,3% berada pada tingkat kemampuan numerasi tinggi. Dari tiap tingkat kemampuan numerasi tersebut dipilih masing-masing 2 siswa sebagai subjek wawancara.Kata kunci:Kemampuan numerasi, AKM, Matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...