Journal of Psychological Science and Profession
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess

PENGARUH LATAR BELAKANG MUSIK LO-FI TERHADAP READING COMPREHENSION MAHASISWA

Martha Amelia Widijanto (Fakultas Psikologi - UNPAD)
Lentera Ilma (Fakultas Psikologi - UNPAD)
Sheilandry Khalila Aprildhy (Fakultas Psikologi - UNPAD)
Khoridah Safinatunnajah (Fakultas Psikologi - UNPAD)
Ratna Jatnika (Fakultas Psikologi - UNPAD)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Dengan adanya tuntutan untuk membaca menggunakan e-book pada mahasiswa, diperlukan kemampuan reading comprehension yang lebih baik karena ketidaknyamanan membaca e-book dapat memengaruhi konsentrasi dan pemahaman. Selain itu, genre musik lo-fi sering didengarkan oleh anak muda untuk menemani proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang musik lo-fi terhadap reading comprehension. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental dengan desain between participant posttest-only dan variasi variabel presence-absence. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2021 dengan sampel yang diambil sebanyak 44 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n = 26) dan kelompok kontrol (n = 18). Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur reading comprehension yang disusun oleh peneliti dan mengacu pada soal TOEFL tahun 2003 yang diterjemahkan serta diadaptasi berdasarkan kriteria Taksonomi Bloom. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui apakah sebaran data skor reading comprehension pada kedua kelompok berdistribusi normal atau tidak. Setelah itu, uji Mann- Whitney dilakukan untuk membandingkan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji normalitas data skor kelompok eksperimen tidak berdistribusi normal (p < .05) dan hasil data skor kelompok kontrol berdistribusi normal (p > .05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan skor reading comprehension yang signifikan antara kelompok eksperimen (M = 7.54) dan kelompok kontrol (M = 8.56) dengan p = .137. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa latar belakang musik lo-fi tidak dapat meningkatkan reading comprehension mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsp

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Health Professions Social Sciences

Description

Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi ...