Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Vol 4, No 3 (2019)

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) (Studi Kasus pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Di Kota Samarinda)

RAUDATUL ASLAMIYAH (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)
Yana Ulfah (Unknown)
Musviyanti Musviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah partisipasi anggaran berpengaruh terhadap kinerja OPD Di Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah Badan yang tergabung dalam OPD Kota Samarinda.Metode analisis dalam skripsi ini adalah analisis statistik deskriptif, uji kualitas instrumen dan data, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. variabel independen pada penelitian ini adalah partisipasi anggaran sedangkan variabel dependennya adalah kinerja OPD dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 8 Badan, dan diperoleh 32 orang sebagai responden. Jenis data yang dipakai adalah data primer.Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel Partisipasi Anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja OPD Di Kota Samarinda.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is a scientific journal in the field of Accounting Science published four times a year (in Apr, June, Sept & Nov). Faculty of Economics and Business Mulawarman ...