Jurnal Basicedu
Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467

Pengaruh Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Rosalinda Puspitasari Banjar (Universitas Katolik Santo Thomas, Sumatera Utara, Indonesia)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas, Sumatera Utara, Indonesia)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 173299 Paniaran tahun pembelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 173299 Paniaran tahun pembelajaran 2020/2021 berjumlah 267 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dalam hal ini peneliti memilih kelas V yang berjumlah 45 siswa untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif jenis survey. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil angket, dan studi dokumentasi. Untuk mengetahui hipotesis dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan uji lineritas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik memiliki rata-rata 70,37 dengan kategori sangat tinggi dan minat belajar memiliki 67,6 dengan kategori sangat tinggi. Pendekatan saintifik terhadap minat belajar berpengaruh positif dan signifikan hal ini didukung dengan hasil pengujian hipotesis uji t dimana nilai thitung > ttabel yaitu 6,293 > 1,679 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 lebih kecil dari taraf signifikan 5% maka Ho diterima yaitu ada pengaruh pendekatan saintifik yang positif serta signifikan antara pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 173299 Paniaran Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...