Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Blanded Learning dengan Desain Pembelajaran TPACK pada Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar

Denisa Alfaneanda Shafira (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Minsih Minsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan blended learning dengan desain pembelajaran TPACK dan mendeskripsikan dampak dari pelaksanaan blended learning dengan desain pembelajaran TPACK di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan blended learning dengan menggunakan desain pembelajaran TPACK pada tatap muka terbatas di SD Negeri 1 Gondang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas, dan beberapa peserta didik di SD Negeri 1 Gondang. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian peneliti melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning dengan desain pembelajaran TPACK sangat menarik, karena media yang digunakan guru sesuai dengan materi yang sedang diajarkan, pembelajaran tidak terasa menjenuhkan, serta guru menjadi lebih kreatif dan inovatif. Blended learning di SD Negeri 1 Gondang dilakukan 3 kali tatap muka dan 3 kali pembelajaran jarak jauh. Dalam sistem pembelajaran daring dilakukan oleh guru dan peserta didik melalui jaringan internet sedangkan dalam sistem pembelajaran luring dilakukan dengan shift. Dengan menerapkan blended learning dengan desain pembelajaran TPACK yakni berupa penggunaan LCD proyektor saat kegiatan belajar mengajar, slide powerpoint, dan video pembelajaran antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas sangat besar dan peserta didik mampu belajar secara mandiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...