Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Efektivitas Pemberian Kuis Menggunakan Aplikasi Google Form pada Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa

Selvi Sinta Wahyuni (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Efrida Pima Sari Tambunan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat menjadikan peserta didik tidak mengerti, dan kehilangan daya tarik dan tidak diminati oleh siswa yang pada akhirnya akan berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di masa pandemi sekarang ini yaitu dengan menggunakan media pemberian kuis berupa google form. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas pemberian kuis dengan google form dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Waktu penelitian ini berlangsung pada bulan februari-april 2022. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan pretest posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini memiliki sampel yang diperoleh dari teknik purposive sampling dan sampel yang didapat kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Efektivitas pemberian kuis menggunakan aplikasi google form ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata n-Gain hasil belajar siswa yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control yaitu kelas eksperimen sebesar 7.02 berkategori “tinggi” dan kelas control sebesar i2.02 berkategori”rendah”. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pemberian kuis menggunakan aplikasi google form efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...