Kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat menjadikan peserta didik tidak mengerti, dan kehilangan daya tarik dan tidak diminati oleh siswa yang pada akhirnya akan berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di masa pandemi sekarang ini yaitu dengan menggunakan media pemberian kuis berupa google form. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas pemberian kuis dengan google form dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Waktu penelitian ini berlangsung pada bulan februari-april 2022. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan pretest posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini memiliki sampel yang diperoleh dari teknik purposive sampling dan sampel yang didapat kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Efektivitas pemberian kuis menggunakan aplikasi google form ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata n-Gain hasil belajar siswa yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control yaitu kelas eksperimen sebesar 7.02 berkategori “tinggi” dan kelas control sebesar i2.02 berkategori”rendah”. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pemberian kuis menggunakan aplikasi google form efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi
Copyrights © 2022