Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Hubungan Kecemasan Berkomunikasi dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar

Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Desi Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Hubungan Antara Kecemasan Berkomunikasi dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 122374 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu V-1, V-2 yang berjumlah 83 siswa. Dan yang menjadi sampel adalah berjumlah 83 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Validitas angket diuji dengan rumus korelasi product moment. Sedangkan uji reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus croncbach alpha. Teknik analisi data dengan menggunakan rumus uji koefisien korelasi, uji t, uji F, dan uji terminasi. Hasil uji koefisien menunjukkan terdapat hubungan antara variabel kecemasan berkomunikasi dan percaya diri dengan hasil belajar sebesar  Ŷ = 27, 090 + 0,557 X1 + 0,154 X2. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan kontribusi kecemasan berkomunikasi dan percaya diri secara bersama-sama memberikan hubungan dengan hasil belajar sebesar 80 %, sedangkan sisanya 20 % dipengaruhi oleh variabel- variabel lain yang berada diluar analisa penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...