Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis

Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka)

Siti Alfiah (Universitas Pamulang)
Jeni Andriani (Universitas Pamulang)
Rosa Lesmana (Universitas Pamulang)
Nardi Sunardi (Universitas Pamulang)
Anah Furyanah (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Pengabdian ini berjudul Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Di Desa Cimanggu, Kec Cisalak Kabupaten Subang. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan desa wisata, untuk mengetahui kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola desa wisata dan untuk mengetahui upaya pengelolaan sarana dan prasaran di lokasi wisata. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen pengelolaan desa wisata, Sumber daya manusia yang siap mengelola desa wisata dan sarana dan prasarana yang harus ada di desa wisata. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah perlunya mengadakan penyuluhan, pelatihan dan simulasi serta kunjungan langsung ke lokasi wisata untuk melihat hal-hal yang harus diperhatikan sebagai upaya  mewujudkan desa wisata di Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Masyarakat perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi bagaimana caranya agar dapat mengelola desa wisata dan memiliki kesadaran untuk memajukan wisata di desanya  sehingga terwujud desa wisata.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAMH

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a scientific multidisciplinary journal is a six-monthly journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating to ...