PSIKODINAMIKA : Jurnal Literasi Psikologi
Vol 2 No 2 (2022): Juli 2022

Self Efficacy dan Self Regulated Learning pada siswa sekolah menengah pertama.

Magvira rahma (Unknown)
Suwarti (Unknown)
Herdian (Unknown)
Roro Setyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Fenomena aktivitas pembelajaran dilakukan secara tatap muka yang dimana guru dan peserta didik saling bertemu dan berinteraksi, namun pada tanggal 2 Maret 2020 kasus virus covid-19 masuk ke negara Indonesia, segala aktivitas pembelajaran dihentikan dan dilakukan dengan metode daring  yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan metode tanpa pertemuan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy terhadap Self regulated learning pada siswa SMP. Responden dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas 1. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 205 peserta didik kelas 1. Reliabilitas untuk skala self efficacy (ɑ = 0,898) dan skala self regulated learning (ɑ = 0,889). Teknik analisis data yang digunakan yaitu dregresi linier sederhana dengan program alat bantu SPSS Version 21. Hasil analisis penelitian menunjukkan nilai F sebesar 173,920, dengan signifikansi (p) =  0,000 (p  <0,05) dan Rsquare  = 0,461. Hal  tersebut  menunjukkan   bahwa self efficacy memiliki pengaruh sebesar 46,1% terhadap self regulated learning. Sehingga berdasarkan penelitian ini penting untuk meningkatkan self efficacy agar peserta didik memiliki  kemampuan dalam self regulated learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psikodinamika

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

PSIKODINAMIKA : Jurnal Literasi Psikologi adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Raden Rahmat Malang. PSIKODINAMIKA diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. ...