Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM)
Vol 5, No 2 (2017): DESEMBER

IMPLEMENTASI E-LEARNING SYSTEM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA/I (STUDI KASUS : STIE – STMIK INSAN PEMBANGUNAN BITUNG, KAB. TANGERANG)

Pratomo Djati N (Unknown)
Ipang Sasono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2018

Abstract

Pratomo Djati Nugroho1, Ipang Sasono2Dosen STMIK Insan PembangunanJurusan Sistem InformasiEmail1: pratomo.djati.nugroho@gmail.com,Email2: kenmeidearu@gmail.comDibiayai Oleh :Direktorat Riset dan Pengabdian MasyarakatDirektorat Jendral Penguatan Riset dan PengembanganKementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan TinggiSesuai dengan Kontrak Penelitian Tahun Anggaran 2017Nomor : 1598 / K4 / KM / 2017ABSTRAKTeknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu instansi. Penggunaannyatidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi,kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi yang terjadiakan efisien, terukur dan fleksibel. Konsep belajar mengajar berbasis teknologi informasi telah dikenalsaat ini dengan istilah e-learning yang membawa pengaruh terhadap proses transformasi pendidikankonvensional ke dalam bentuk digital. Learning Center Division membutuhkan waktu yang lama dalammengelola data pelatihan mahasiswa/i khususnya pada metode pelatihan class room. Perumusanmasalah adalah informasi ke mahasiswa/i yang didapat oleh Learning Center Division tidak up to dateatau selalu berubah tiap bulannya, sehingga seringkali terjadi kesalahan dalm input data administrasipelatihan mahasiswa/i. Learning Center Division setiap bulannya membutuhkan beberapa tenaga kerjatambahan, baik berupa mahasiswa magang untuk membatu mengelola data pelatihan. Learning CenterDivision mempunyai tenaga kerja yang sedikit dan terbatas sedangkan peserta pelatihan yang setiaptahunnya selalu bertambah banyak, hal ini dirasakan tidak efisien dalam pelaksanaan prosesadministrasi, pelatihan itu sendiri dan pengerjaan laporan. Batasan masalah adalah bisnis prosespelatihan mencakup pada dua metode pelatihan mahasiswa/i yaitu metode pelatihan e-learning danclass room. Metode pelatihan tersebut meliputi pengelolaan administrasi, knowledge, informasipelatihan, sertifikasi pelatihan dan output sistem berupa laporan pelatihan mahasiswa/i. Penelitian initidak mencakup proses penjelasan materi atau tes soal pelatihan dikarenakan perguruan tinggimengharuskan penggunaan jaringan intranet pada ujian kompetensi terkait keamanan informasiperguruan tinggi dan disetiap pelatihan terdapat praktikum pelatihan. Tujuan penelitian inimenganilisis, merancang dan membuat e-learning system. Metode pengembangan sistem yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) dengan modelwaterfall strategy sequential dengan tools Unified Modelling Language (UML). Teknologi yangdigunakan dalam pengembangan perangkat lunak sistem menggunakan PHP sebagai bahasapemrograman dan MySQL sebagai database server. Penelitian ini menghasilkan e-learning system yangmencakup pembelajaran dan pengelolaan pelatihan mahasiswa/i pada metode pelatihan class room dane-learning yang meliputi administrasi, knowledge, informasi ke mahasiswa/i, sertifikasi dan laporanpelatihan mahasiswa/i.Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, E-learning System, Waterfall Strategy Sequential, Pembelajarandan Pengelolaan Pelatihan Mahasiswa/i.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

stmik-ipem

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Insan Pembangunan Indonesia sejak Juni 2017. IPSIKOM memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. IPSIKOM berkomitmen untuk memuat ...