Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 2 (2022): September

Implementasi Model Pembelajaran dengan Differentiated Instruction Berbasis E-Learning untuk Mahasiswa dengan Hambatan Mental

Yusuf Amri Amrullah (Universitas Amikom Yogyakarta)
Theopilus Bayu Sasongko (Universitas Amikom Yogyakarta)
Rivi Neritarani (Universitas Amikom Yogyakarta)
Agus Fatkhurohman (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Masyarakat atau kelompok berkebutuhan khusus pada dasarnya memiliki hak yang dalam memperoleh pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan. Hal ini juga berlaku pada satuan pendidikan tinggi. Institusi pendidikan tinggi wajib untuk mengakomodasi pendidikan bagi mahasiswa dengan hambatan khusus, salah satunya adalah hambatan mental. Salah satu yang menjadi kendala bagi mahasiswa dengan hambatan mental adalah kemampuan untuk memahami materi perkuliahan. Oleh karena itu, institusi pendidikan tinggi perlu mengembangkan model pembelajaran khusus untuk mahasiswa dengan hambatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran khusus untuk mahasiswa dengan hambatan mental. Metode yang digunakan adalah dengan metode Differentiated Instruction, yaitu dengan memberikan pembedaan instruksi sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa tersebut dalam memahami materi perkuliahan. Berdasarkan hasil uji coba penerapan metode ini pada beberapa mahasiswa dengan hambatan mental, dapat diketahui bahwa pembedaan instruksi ini memerlukan media yang disesuaikan dengan profil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SevanamPM

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah resmi dari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, dengan ISSN: 2829-3789. Jurnal ini merupakan wadah bagi publikasi artikel ilmiah yang merupakan luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat. Artikel yang diterbitkan merupakan ...