Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan desa wisata halal berbasis ekologi, edukasi dan komunitas masyarakat desa. Alasan penting eksistensi pariwisata adalah karena perannya terhadap aktivitas ekonomi yang cukup siginifikan. Sehingga di setiap daerah berusaha untuk mengembangkan sektor pariwisata. Oleh karena itu sangat penting bagi mememahami tentang pentingnya konservasi keanekaragaman hayati dan budaya lokal. Model ini akan dibahas dalam konsep ekowisata yang merupakan suatu model yang mengkombinasikan kepentingan industri pariwisata dan para pemerhati lingkungan. Adapun analisis yang digunakan antara lain: analisis deskriptif, analisis evaluatif, dan analisis kesenjangan kebijakan (performance-importance analiysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi prioritas pengembangan desa wisata adalah kesiapan infrastruktur desa, kesiapan pelayanan wisata, kesiapan fasilitas dan kesiapan masyarakat. Sedangkan strategi alternatif yang bisa diterapkan adalah product branding, place branding, event branding dan diurutan terakhir adalah citizen branding. Kata Kunci: desa, ekowisata, konservasi, edukasi
Copyrights © 2022