ABSTRAKEra digital telah berhasil masuk ke dalam seluruh lini kehidupan, tidak terkecuali pada lingkup penggunaanmedia, salah satunya pada media konvensional. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran pola komunikasidari media konvensional ke media digital sehingga menyebabkan perlu adanya konvergensi media. Adapuntujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana konvergensi media yang terjadi pada harianBengkulu Ekspress di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatanstudi kasus instrumental tunggal. Data yang digunakan diperoleh berdasarkan hasil wawancara bersamanarasumber,buku, artikel, serta literatur terkait lainnya. Konsep yang digunakan ialah konsep konvergensi mediaoleh Veglis dan Siapera. Hasil penelitian yang diperoleh ialah bahwa Harian Bengkulu Ekspress menggunakanempat jenis konvergensi media yang saling berkaitan, diantaranya: a) konvergensi teknologi melalui pengelolaanmedia online (www.bengkuluekspress.com) serta hadir pada sosial media seperti Instagram, youtube, twitterserta facebook; b) konvergensi bisnis, yang membuka hubungan luas tanpa batas di Internet sehinggameningkatkan jumlah mitra bisnis (pengiklan) tidak hanya dari Bengkulu saja; c) konvergensi profesionaldengan mendidik dan menyediakan SDM yang handal dan mampu memproduksi serta mendistribusikanberbagai jenis konten yang dibutuhkan sesuai dengan platformnya; serta d) konvergensi konten yangmengkombinasikan bentuk tulisan, foto serta video.Kata Kunci : Harian Bengkulu Ekspress, konvergensi media, media konvensional, digital
Copyrights © 2021