JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik
Vol 6 No 2 (2021): Vol. 6 No. 2 (2021): Volume 6, Nomor 2, September 2021

EFEKTIVITAS STRATEGI PENGELOLAAN KELAS PADA GENERASI MILENIAL

Arif Wijaya (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Rizal Fathurrohman (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Intan Roudhotusyarifah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Ibrahim Ibrahim (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan pengelolaan kelas yang berhasil untuk milenial, serta mengetahui strategi guru dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Dengan hasil bahwa pengkondisian kelas bagi generasi milenial rata-rata lebih dominan tergantung kepada guru bagaimana memanajemen kelas dan mengkondisikan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research: systematic literature review. Dari beberapa penelitian yang berhasil di review masalah utama terletak dalam mempersiapkan, memperagakan, dan mengelola hasil dalam proses maupun hasil akhir untuk evaluasi dirinya ketika mengajar. Namun yang perlu digaris bawahi juga adalah guru harus memahami model belajar problem based learning, karena generasi millenial yang sangat kritis, dan menyukai debat maka dengan strategi diskusi, presentasi, debat kelompok di kelas efektif dalam menggugah minat belajarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik e-ISSN : 2527-6891 is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can ...