Natural Science Education Research (NSER)
Vol 4, No 3 (2022): Natural Science Education Research

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots: Analisis Newman

Lailatun Najahah (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Mochammad Ahied (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Irsad Rosidi (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Fatimatul Munawaroh (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil 6 dari 15 siswa yang mengikuti tes soal HOTS yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berupa kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan penulisan rumus (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skill errors), dan kesalahan penentuan jawaban akhir (encoding error). Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa adala tidak paham konsep, kesalahan proses berpikir, lupa, kurang teliti, tidak mengetahui rumus dan langkah penyelesaian soal, dan pengaruh dari kesalahan pada tahapan sebelumnya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dengan menyertakan cara yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa dengan memperdalam literasi yang digunakan sebagai penguat teori.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...