Natural Science Education Research (NSER)
Vol 1, No 2 (2019): Natural Science Education Research

PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 MENGANTI KABUPATEN GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING

Dyan Novi Anggraeni (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)
Laila Khamsatul Muharrami (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)
Wiwin Puspita Hadi (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan teknik  probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan quasi eksperimental design dan dilaksanakan di SMPN 1 Menganti, Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran guided discovery leaening dengan teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, sedangkan -t tabel≤t hitung≤ t table yaitu -5,152 ≤ 1,996 ≤ 5,152. 2) keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 70,31 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 56,28 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...