Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self confidence terhadap pemahaman konsep siswa melalui penerapan model problem based learning di VII SMP Negeri 4 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitia Pre-Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji Regresi Linier sederhana dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Regeresi Linier diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,048 pada signifikansi 0,05 (0,048 0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh self confidence terhadap pemahaman konsep siswa melalui penerapa model problem based learning. Hasil analisis data menujukkan bahwa nilai rata-rata self confidence sebesar 74,48 dengan kriteria tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep sebesar 81,49 dengan kriteria baik.
Copyrights © 2018