Natural Science Education Research (NSER)
Vol 5, No 1 (2022): Natural Science Education Research

PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA PIKIRAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Wardatul Aini (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura)
Laila Khamsatul Muharrami (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura)
Wiwin Puspita Hadi (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura)
Yunin Hidayati (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar peta pikiran terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen tipe one group pretest-posttest design dan dilaksanakan di SMPN 3 Pademawu. Populasi adalah semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar peta pikiran terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai signifikansi 0,0000,05, sedangkan –thitung ttabel thitung (-8,2772,09308,277). Kelas yang menggunakan strategi belajar peta pikiran memperoleh persentase pemahaman konsep sebesar 62,75% dengan kategori baik. Kata Kunci: pemahaman konsep, peta pikiran, strategi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...