Journal of Civic Education
Vol 5 No 1 (2022): Journal of Civic Education

Pengaruh Literasi Politik dan Informasi Hoax terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa

Arif Fajar Pratama (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ronni Juwandi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Febrian Alwan Bahrudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh yang terjadi antara variabel independen dari literasi politik dan informasi hoax terhadap variabel dependen yaitu partisipasi politik. Pendekatan yang peneliti gunakan merupakan pendekatan kuantitatif, adapun jenis penelitian kuantitatif yang dipilih peneliti adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Penelitian deskriptif ini peneliti pilih karena bertujuan untuk mendeskripsikan masing-masing variabel, sedangkan penelitian asosiatif yang dilakukan oleh peneliti bertujuan mengungkapkan pengaruh variabel secara parsial dan simultan. Peneliti menargetkan mahasiswa PPKn Untirta dari angkatan 2017-2020 sebagai responden penelitian yang pengambilan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner online melalui google form. Untuk mengetahui pengaruhnya peneliti melakukan uji hipotesis dengan uji T untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen dan uji F untuk mengetahui pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen serta dianalisis secara regresi linear berganda. Adapun hasil dari penelitian yang telah diujikan menggunakan program SPSS oleh peneliti bahwasanya variabel literasi politik berpengaruh secara parsial terhadap partisipasi politik dengan nilai T hitung > T tabel (5.309 > 1,996) sedangkan variabel informasi hoax juga berpengaruh secara parsial terhadap partisipasi politik dengan nilai T hitung > T tabel (2,345 > 1,996). Untuk literasi politik dan informasi hoax yang telah diuji berpengaruh secara simultan terhadap partisipasi politik melalui uji dengan F hitung > F tabel (14,093 > 3,13).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JCE mengundang para sarjana, peneliti, praktisi, dan mahasiswa pascasarjana untuk mengirimkan artikel ilmiah mereka yang berasal dari penelitian, studi, dan ulasan buku di bidang pendidikan kewarganegaraan, pendidikan moral, studi interdisipliner dalam bidang politik, hukum, sosiologi, sejarah, dan ...