Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Analisis Wacana Iklan Baris Penjualan Tanah (Struktur dan Bentuk Bahasa) dalam Harian Kompas

Wiwik Ariesta (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rohmah Widi Astuti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Novia Yayang Wahyu Eka Saputri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Waljinah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memaparkan struktur iklan baris dan mendeskripsikan bentuk bahasa iklan baris penjualan tanah pada Harian Kompas. Hal ini di latar belakangi penempatan susunan kata dan kalimat yang dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada pemahaman pembaca, sehingga pembaca dapat terbujuk oleh bahasa yang digunakan. Selain itu, struktur iklan dan bentuk bahasa merupakan peranan penting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Komponen analisis data dalam penelitian ini, meliputi: (1) Reduksi data, (2) Sajian data, dan (3) Menyimpulkan data. Data dalam penelitian ini berupa iklan baris mengenai penjualan tanah sebanyak 10 data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur iklan baris penjualan tanah dalam Harian Kompas, (1) memuat nama barang atau jasa; (2) Memuat jenis/ tipe barang atau jasa; (3) Memuat kondisi barang atau jasa; (4) Memuat fasilitas barang atau jasa; (5) Memuat harga yang ditawarkan; dan (6) Memmuat alamat/ nomor telepon yang bisa dihubungi. Adapun bentuk bahasa iklan baris penjualan tanah, meliputi struktur kalimat (berupa frasa maupun kalimat inversi); singkatan; dan akronim.

Copyrights © 2019