Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Dimensi Perubahan Pembelajaran Wacana dalam Buku Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2014 dan 2017

Duwi Saputro (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Tri Santoso (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Atiqa Sabardila (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Harun Joko Prayitno (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dimensi perubahan variasi wacana uang terdapat dalam Buku Teks Bahasa Indonesia (BTBI) kelas X Kurikulum 2013 edisi tahun 2014 yang direvisi tahun 2017. Sumber data penelitian ini yaitu buku teks bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 edisi revisi 2014 dan 2017. Data dalam penelitian ini berupa teks yang dimuat dalam sumber data. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik simak catat. Adapun data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode agih, dengan teknik baca unsur langsung (BUL). Kedua buku teks tersebut memuat tiga genre teks yaitu genre sastra, genre faktual dan genre tanggapan. Genre sastra dalam BTBI revisi tahun 2014 memuat teks anekdot, genre faktual memuat teks hasil observasi dan teks prosedur, adapun genre tanggapan memuat teks eksposisi dan teks negosiasi. Genre sastra dalam BTBI revisi 2017 memuat teks anekdot, teks cerita rakyat, teks puisi, dan teks biografi, genre faktual memuat teks laporan hasil observasi, dan genre. Dimensi perubahan yang ditemukan dalam proses revisi berupa penambahan dan pengurangan permodelan teks dalam ketiga genre serta proses pembelajaran dalam membangun pengetahuan peserta didik melalui teks.

Copyrights © 2019