Latar Belakang: Komunikasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh perawatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi secara terapeutik tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, serta dapat memberikan kepuasan professional dalam pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan serta citra rumah sakit. Oleh karena itu pengukuran kepuasan pasien terhadap komunikasi perawat akan bermanfaat dalam memonitor dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan Pasien Pre Operasi Di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 163 responden, sampel yang diambil menggunakan accidental sampling. Analisa data meliputi analisis univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan uji statistik Korelasi Kendal Tau. Menggunakan kuisioner komunikasi terapeutik perawat dengan 24 item pertanyaan dan kepuasan pasien dengan 3 item pertanyaan. Hasil penelitian: Tingkat komunikasi terapeutik perawat dan kepuasan pasien mayoritas cukup. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien pre operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong (P = 0,000 ; P <0,05). Koefisien korelasi r = .0587. Kesimpulan: Ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien pre operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Muhammadiyah Gombong. Rekomendasi: RS PKU Muhammadiyah gombong untuk mengadakan inhouse training tentang komunikasi terapeutik pada pasien untuk para pegawai khususnya perawat. Bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti di ruang keperawatan lain.
Copyrights © 2019