Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 12th University Research Colloquium 2020: Bidang MIPA dan Kesehatan

Pemanfaatan Ekstrak Kol Ungu (Brassica oleracea L.,) sebagai Larutan Indikator untuk Penunjang Pembelajaran Materi Kimia Asam-Basa pada SMAN 1 Wonosari

Anisa Ur Rahmah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Okta Widya Latifa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Afiful Fida Lestiawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Fadhil (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Sarana pembelajaran seperti laborotarium kimia, merupakan salahsatu sarana yang dapat menunjang tingkat kepahaman siswa akanmateri yang disampaikan di kelas. Akan tetatpi,. kurangnya saranapembelajaran, seperti laboratorium ini,merupakan salah satupermasalahan yang umumnya dihadapi oleh satuan pendidikan diIndonesia. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam danbahan-bahan yang mudah ditemui di sekitar lokasi sekolahmerupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh oleh penyelenggarasatuan pendidikan. Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat(PkM) ini, berusaha disajikan alternatif kegiatan praktikum yangdapat dilakukan dilakukan di ruang kelas, dengan menggunakanperalatan dan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar siswa.Kasus pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kimia,yaitu materi asam-basa yang dipelajari pada tingkat SMA kelas IX.Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada SMAN 1 Wonosari, Klatenkelas IX-IPA. Siswa diberikan pelatihan tentang pembuatan larutanindikator dari ekstrak sayuran kol ungu (Brassica oleracea L.,)dengan menggunakan metode ekstraksi panas. Larutan ekstrak yangdihasilkan mengandung antosianin yang sensitif terhadap perubahanpH larutan sampel bahan kimia yang umum ditemukan di rumahsiswa, seperti, air berkarbonat, air mineral, larutan soda kue danlarutan pemutih pakaian. Dari kegiatan yang dilakukan, larutanindikator berbahan dasar ekstrak kol ungu, merupakan indikatoryang sensitif untuk mendeteksi pH larutan, baik larutan dengan pHasam, netral dan basa. Dengan diadakannya kegiatan PkM inimembuktikan bahwa dengan bahan, peralatan dan langkah-langkahyang sederhana, metode pembelajaran praktikum dapatdilaksanakan, sehingga pemahamann dan minat siswa akan materipembelajaran di kelas dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2020