Penelitian ini dilakukan di Atanaya Hotel Bali. Penelitian ini dilaksanakan karena terdapat penurunan kualitas pelayanan pada masa Covid-19, pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan dengan menerapkan standard operating procedure dan belum pernah dilakukan penelitian tentang evaluasi penerapan SOP (standard operating procedure) dan strategi peningkatan kualitas layanan di atanaya hotel bali pada masa covid-19. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan SOP (Standard Operating Procedure) di Atanaya Hotel Bali pada masa Covid-19, mengetahui bagaimanakah kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan SOP (Standard Operating Procedure) di Atanaya Hotel Bali pada masa Covid-19, serta mengetahui bagaimanakah sikap dari Atanaya Hotel Bali dalam membenahi Pelaksanaan SOP (Standard Operating Procedure) di Atanaya Hotel Bali pada masa Covid- 19. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara terhadap Director of Sales serta dokumentasi standard operating procedure yang diterapkan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan perbandingan antara keseluruhan data yang didapat dengan kenyataan yang terjadi di Atanaya Hotel Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapannya ada satu prosedur yang pelaksanaannya kurang baik dari delapan prosedur yang ada, yaitu bagian Room Service. Pelanggan kurang puas karena terdapat guest comment yang menyatakan kekecewaan terhadap pelayanan yang diberikan. Dan Atanaya Hotel Bali melakukan training kepada para staf & Selalu menyediakan senior dalam membantu trainers baru dalam masa on the job training.
Copyrights © 2022