Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 4 No. 2 (2016): Desember

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN PADA POKOK BAHASAN NAPAK TILAS PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE – REHEARSAL PAIRS DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Esmawati Esmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2017

Abstract

Proses pembelajaran yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh peran guru dan peserta didik sebagai individu yang terlibat langsung di dalam proses pembelajaran. Cara mengajar guru yang baik merupakan kunci dan syarat bagi peserta didik untuk dapat belajar dengan baik. Seorang guru harus mampu memilih metode, strategi atau model pembelajaran yang digunakan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik. PPKn merupakan salah satu mata pelajaran di SMA/sederajat. Salah satu materi pelajaran PPKn yang dipelajari di kelas X IPS semester 1 adalah Napak Tilas Penegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Napak Tilas Penegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesiamerupakan pokok bahasan yang sangat erat dengan kehidupan sehari–hari dan dalam pembelajarannya membutuhkan praktek nyata agar peserta didik lebih mudah memahami materi Napak Tilas Penegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Untuk itu diperlukan usaha agar materi bisa dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Practice-Rehearsal Pairs (latihan praktek berpasangan) merupakan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempraktekkan suatu keterampilan atau prosedur dengan teman belajar. Tujuannya adalah untuk meyakinkan masing–masing pasangan dapat melakukan keterampilan dengan benar. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari makin meningkatnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru (Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III) yaitu masing – masing 68,57 %, 80,00 % dan 85,714 %. Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...