Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 3 (2022)

Evaluasi Rencana Pembelajaran Semester: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kalkulus dan Persamaan Diferensial

Hasanuddin Hasanuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Granita Granita (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dikembangkan pada mata kuliah Kalkulus diferensial (Kaldif), Kalkulus integral (Kalint) dan Persamaan Diferensial Biasa (PDB). Penelitian ini dilaksanakan dengan menetapkan tiga tahap, yaitu: analisis dan penetapan komponen RPS yang berkualitas unggul melalui Focus Group Discussion (FGD), Validasi ahli rubrik penilaian RPS oleh 4 orang ahli dan praktisi, dan evaluasi RPS. Pada penelitian menghasilkan rubrik penilaian RPS yang kemudian digunakan untuk melakukan evaluasi RPS. Adapun hasil evaluasi menunjukkan bahwa 15,6% RPS berkualitas rendah, 78,1% berkualitas sedang dan 6,3% berkualitas tinggi. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan memperbaiki RPS sebelum melakukan perbaikan perencanaan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...