Jurnal AKAL: Abdimas dan Kearifan Lokal
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal AKAL : Abdimas dan Kearifan Lokal

SOSIALISASI PENGUJIAN KUALITAS AIR LIMBAH INDUSTRI TAHU PRIMKOPTI SWAKERTA SEMANAN KALIDERES JAKARTA BARAT

Lisa Samura (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti, Jakarta)
Muhammad Burhannudinnur (Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti, Jakarta)
Mustamina Maulani (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti, Jakarta)
Cahaya Rosyidan (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti, Jakarta)
Risyad Baihaqi (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti, Jakarta)
Raisha Marsha (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti, Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Limbah cair tahu merupakan proses dari pengolahan produksi kedelai menjadi tahu. Limbah cair bewarna kuning dan keruh yang berbau sehingga menjadikan polusi udara dan mengganggu kenyamanan lingkungan. Limbah yang dihasilkan dibuang di saluran air sehingga mengganggu kualitas struktur dan air tanah. Untuk mengurangi dampak pada lingkungan di Primkopti Swakerta Semanan, Kalideres, Jakarta Barat dilakukan pengujian kualitas air limbah tahu dengan menguji TDS, EC dan pH dengan menggunakan teknologi Elektrokoagulan. Nilai TDS sebelum pengujian 2.702 ppm dan setelah pengujian 2.070 ppm. Nilai pH limbah sebelum pengujian 5.1 dan setelah dilakukan pengujian bernilai 5.4. Nilai EC sebelum pengujian 4.965 μs/cm dan setelah pengujian bernilai 4.140 μs/cm.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kearifan

Publisher

Subject

Humanities Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Public Health Social Sciences Transportation

Description

Jurnal AKAL: Abdimas dan Kearifan lokal merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang menyajikan artikel implementasi IPTEK yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan di masyarakat. Jurnal ini merupakan sarana bagi Dosen, Komunitas, Mahasiswa dan Masyarakat pada umumnya untuk menyebarluaskan ...